INILAH CARA DAN TIPS UNTUK MENGUATKAN MENTAL YANG LEMAH - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

17 Oktober 2017

INILAH CARA DAN TIPS UNTUK MENGUATKAN MENTAL YANG LEMAH

http://loverlem.blogspot.com/2017/10/inilah-cara-dan-tips-untuk-menguatkan.html
INILAH CARA DAN TIPS UNTUK MENGUATKAN MENTAL YANG LEMAH

Hidup ini penuh dengan liku-liku, sehingga kita membutuhkan mental yang kuat untuk menjalani kehidupan yang keras ini. Tujuannya agar kita bisa lebih menikmati hidup, meski berbagai masalah datang silih berganti.


Dengan memiliki mental yang kuat Anda akan bisa menikmati kehidupan ini. Namun lain halnya jika Anda memiliki mental yang lemah, Anda akan kurang percaya diri dalam menjalani hidup yang penuh dengan tantangan.


Jika mental Anda saat ini tidak kuat. Anda harus menguatkan mental tersebut, agar Anda tidak terbawa ke arah yang lebih buruk lagi. Dan jika dibiarkan, Anda akan hidup dalam bayang-bayang nestapa.

baca juga

Anda bisa mencoba satu atau lebih cara-cara yang kami paparkan di bawah ini, untuk menguatkan mental Anda.

1. Ingat Tuhan

Untuk memiliki mental yang kuat, Anda perlu mendapatkan dukungan yang kuat. Tuhan merupakan dukungan terkuat di dunia ini. Jadi, ingatlah terus Tuhan agar mental Anda menjadi lebih kuat.

Selalu mengingat Tuhan adalah cara yang cukup efektif untuk menguatkan mental Anda. Anda dapat selalu mengingat Tuhan dengan melakukan ibadah sesuai agama yang Anda yakini.

2. Berpikir positif

Mungkin Anda pernah mengalami kegagalan dan kekecewaan dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Teruslah berjuang, jangan berhenti di tengah jalan. Berpikirlah positif tentang kejadian yang membuat Anda bersedih.

Perlu diketahui bahwa TIDAK ada manusia yang tidak pernah mengalami kegagalan dan kekecewaan dalam kehidupannya. Semua manusia mengalaminya, namun dengan menyikapi secara positif akan membuat Anda tambah kuat.

Terima kegagalan dan kekecewaan tersebut, jadikanlah sebuah pelajaran yang berharga dalam hidup Anda. Dengan mengiklaskan apa yang telah terjadi, mental Anda tidak akan terpuruk dan menjadi lemah.

3. Asah kemapuan diri

Asah kemampuan Anda sehingga Anda menjadi lebih percaya diri. Dengan memliki kemampuan di bidang yang sedang Anda geluti akan membuat mental Anda lebih kuat. Sehingga Anda dapat meraih impian Anda dan menikmati kehidupan ini.

Anda dapat mengasah kemampuan Anda dengan latihan, belajar, mengikuti kursus, membaca buku yang sesuai dengan bidang yang Anda geluti atau mencoba strategi baru. Selain itu Anda dapat mengasah kemampuan diri Anda dengan membuat tantangan terhadap diri sendiri.

4. Jauhi kebiasaan buruk

Jauhi kebiasaan-kebiasaan buruk yang akan membuat mental Anda lemah. Mulailah secara bertahap untuk menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk Anda. Anda dapat menulis di buku seberapa banyak kebiasaan buruk Anda selama ini.

Hilang satu demi satu kebiasaan buruk tersebut. Hal ini agar Anda tidak merasa terbebani dan membuat Anda menyerah lebih dulu. Dengan menjauhi kebiasaan buruk, mental Anda akan menjadi lebih kuat.

5. Miliki pandangan seimbang tentang orang lain

Mental menjadi lemah kadang karena disebabkan oleh rasa takut terlebih dahulu dengan orang lain. Untuk itu sebaiknya Anda memiliki pandangan yang seimbang dengan orang lain. Ini akan membantu Anda dalam mengatasi mental yang lemah.

Perlu Anda sadari bahwa, setiap manusia terlahir dengan kelebihan dan kekurang masing-masing. Sehingga Anda tidak perlu takut menghadapi orang lain karena Anda dan mereka sama. Namun bukan berarti Anda menjadi mahluk yang angkuh.

6. Tambah pengetahuan

Tambah pengetahuan kamu tentang bidang yang sedang kamu geluti sehingga kamu menjadi ahli di bidang tersebut. Kamu dapat menambah pengetahuan kamu dengan membaca buku dengan topik bidang yang sedang kamu geluti.

Kamu juga dapat menambah pengetahuan kamu dengan melakukan eksperimen tehadap hal-hal baru. Misalnya jika Anda seorang internet marketer dan memasarkan produk melalui media sosial Facebook, Anda dapat melakukan eksperimen dengan memasarkan produk menggunakan Twitter atau Instagram.

7. Meditasi

Meditasi adalah sebuah kegiatan yang memusatkan pikiran pada satu titik. Anda dapat menguatkan mental Anda dengan melakukan meditasi. Lakukan meditasi secara rutin sehingga Anda memiliki mental yang kuat.

Anda dapat melakukan meditasi selama 5-30 menit setiap harinya. Lakukan meditasi di tempat yang sepi dan hening agar Anda bisa berkonsentrasi, sehingga pikiran Anda tidak buyar saat melakukan meditasi.

8. Buat perencanaan

Anda dapat membangun kekuatan mental dengan melakukan perencanaan dan berusaha mencapainya. Lakukan langkah demi langkah sesuai yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

Buat perencanaan-perencanaan kecil sehingga Anda lebih mudah meraih sasaran tersebut. Sehingga tercipta pikiran yang positif tentang diri Anda. Dengan terciptanya pikiran yang positif tentang diri Anda, maka akan membuat Anda lebih percaya diri dan memiliki mental yang kuat.

9. Bangun sikap perhatian

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam menjani kehidupan kita tidak selalu berada pada lingkungan yang ramah. Mungkin Anda pernah menghadapi orang-orang yang membuat mental Anda lemah dan menguras energi untuk menghadapi mereka.

Jangan lawan mereka, karena jika terus Anda lawan ini akan lebih menurunkan mental Anda. Ada baiknya Anda lebih perhatian dengan mereka, sehingga mereka menyadari Anda teman yang baik dan mereka akan menghargai Anda setelah mereka menyadarinya.

10. Tetap tenang di bawah tekanan

Ketika situasi mulai memanas dan Anda emosi karena Anda merasa tertekan. Jangan biarkan emosi Anda mendidih, sebisa mungkin segera kendalikan diri Anda. Agar Anda tidak terbawa ke hal yang lebih buruk yang akan menurunkan mental Anda.


Tetaplah tenang ketika Anda berada di bawah tekanan. Pikirkanlah hal positif tentang kejadian yang Anda alami, sehingga Anda akan lebih tenang menghadapinya. Jangan pikirkan bila dibilang lemah, hiraukan saja apa yang mereka katakan.

11. Ubah cara pandang

Anda mungkin terlalu sering mengalami sebuah masalah dalam hidup ini. Temukan cara yang berbeda dalam memandang masalah tersebut dari sebelumnya. Carilah cara pandang yang akan membuat Anda merasa tenang menghadapinya, sehingga mental Anda tidak melemah.

Perlu diketahui, semua orang pasti pernah mengalami jalan buntu dalam menjalani kehidupan ini. Namun, orang-orang yang memiliki kemampuan memandang sebuah masalah dengan objektif mampu menemukan jalan untuk mencapai tujuan.

Anda pun harus memiliki cara pandangan terhadap masalah seobjektif mungkin. Agar Anda dapat menemukan jalan meraih tujuan hidup Anda. Hal ini akan memperkuat mental Anda, untuk meraih kesuksesan-kesuksesan lainnya.

12. Berpikir sebelum bertindak

Ada baiknya Anda berpikir dahulu sebelum bertindak. Agar apa yang akan Anda lakukan memliki hasil yang baik. Pikirkan secara matang, terlebih bila Anda akan mengambil sebuah keputusan besar.

Dengan berpikir sebelum bertindak Anda akan memahami resiko yang akan Anda terima. Sehingga bila terjadi kegagalan metal Anda tidak akan terpuruk.

13. Pilih jalan yang benar

Cara menguatkan mental yang lemah selanjutnya adalah dengan menggunakan hati nurani Anda sebagai pemandu jalan hidup Anda. Penelitian menunjukan bahwa orang yang mengambil keputusan berdasarkan insting cenderung lebih puas dengan keputusan yang di ambil.

Namun, sebaiknya Anda tetap berpikir sebelum melakukan tindakan. Hal ini agar keputusan yang diambil berdasarkan insting tidak salah. Pilihlah jalan yang benar dalam menjalani kehidupan agar Anda terhidar dari rasa takut yang akan menurunkan mental Anda.

14. Hiraukan orang lain

Barang kali Anda pernah mendengar pernyataan teman Anda yang merendahkan Anda. Jangan pernah dengarkan apa yang mereka katakan. Karena Anda itu unik dan berharga, Anda tidak seperti yang mereka katakan.

Jika Anda mengaminkan orang-orang yang merendahkan Anda. Ini bahaya bagi perkembangan mental Anda. Ada baiknya hiraukan apa yang mereka katakan dan buktikan bahwa Anda tidak seperti yang mereka anggap selama ini.

15. Olah raga

Aktivitas olah raga akan menurunkan depresi yang berlebih dalam diri seseorang. Lakukan olah raga secara rutin, lari pagi misalnya. Anda dapat melakukan lari-lari kecil selama beberapa menit di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda.

16. Beraktivitas di luar ruangan

Aktivitas dalam ruangan memang akan melindungi Anda dari debu, panas dan sebagainya. Namun, ketika berada dalam sebuah ruangan pola pandang Anda sangat terbatas. Hal ini akan membuat Anda stress dan menurunkan mental Anda.

Jadi, sesering mungkin untuk melakukan aktivitas di luar ruangan agar pola pandang Anda lebih bebas. Sehingga mengurangi stres yang Anda alami dan mental Anda akan lebih kuat.

17. Jangan besarkan hal kecil

Hal sepele merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Meski sepele, jika Anda membesar-besarkannya ini akan menurunkan kualitas mental Anda. Karena ketika Anda membesarkan hal yang sepele, Anda akan diliputi oleh pikiran yang negatif.

Sebaiknya bebaskan diri Anda dari hal-hal sepele. Gunakan energi yang ada untuk hal-hal yang positif dan penting. Sehingga tidak ada energi yang terbuang percuma.

18. Cari penyebab ketidaknyamanan Anda

Untuk melatih mental Anda yang mungkin selama ini lemah agar lebih kuat dan percaya diri adalah dengan mencari tahu penyebab ketidaknyamanan Anda. Gali rasa tersebut, setelah mengetahuinya buang jauh-jauh hal tersebut.

Dengan melakukan hal ini Anda akan mendapat ketenangan sehingga lebih percaya diri dalam menjalani roda kehidupan. Dengan memiliki ketenangan pikiran Anda akan dengan mudah melatih mental Anda agar lebih kuat.

19. Hargai diri sendiri

Mental Anda mungkin lemah karena selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika Anda selama ini melakukannya sebaiknya segera hilangkan hal ini. Membandingkan diri sendri dengan orang lain hanya akan menurunkan mental Anda.

Cobalah hargai diri Anda sendiri. Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan siapa pun. Jika Anda perlu perbandingan, bandingkan diri Anda yang sekarang dengan diri Anda yang dulu.

20. Berani mengambil resiko

Banyak orang yang tidak berani mengambil resiko selalu diliputi rasa takut yang berlebih. Mereka terlalu takut bertindak dan hanya melakukan analisa saja.

Anda harus belajar berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman Anda. Namun, sebelum melakukan tidakan sebaiknya Anda berpikir terlebih dahulu agar mendapat hasil yang maksimal.

21. Lupakan hal buruk

Anda memiliki masa lalu yang kelam. Sehingga membuat Anda takut bertindak. Namun, seburuk apa pun masa lalu Anda, lupakan itu semua. Jika Anda terus mengingatnya ini hanya akan menurunkan mental Anda.

Hiduplah di zaman sekarang. Lupakan masa lalu yang kelam dan jangan terlalu mencemaskan masa depan. Nikmatilah hidup Anda, karena sebenarnya Anda saat ini sedang akan menuju ke arah yang lebih baik.

22. Berhenti menjadi perfeksionis

Anda seorang perfeksionis. Seorang yang ingin selalu menjadi yang sempurna. Hal ini akan menurunkan mental Anda, karena ada akan susah meraih sebuah kesempurnaan. Karena manusia bukan mahluk yang sempurna, pasti selalu memiliki celah.

Jadi berhentilah menjadi sosok yang perfeksionis. Lakukan hal yang Anda bisa dan perbaiki hal tersebut. Sehingga Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

23. Konsultasi dengan psikolog

Jika Anda belum berhasil menguatkan metal Anda. Meski Anda sudah lakukan ke 22 cara menguatkan mental yang lemah di atas. Jangan berhenti sampai disitu, sebaiknya Anda segera meminta bantuan psikolog atau psikiater untuk mengubah mental Anda yang lemah.

Temui mereka dan berkonsultasilah tentanag masalah mental yang Anda alami. Lalu lakukan apa yang Anda terima dari psikolog dan psikiater tersebut.

Anda semestinya memiliki mental yang kuat sehingga dapat menjalani hidup dengan lebih baik. Jadi jika mental Anda lemah cobalah satu atau lebih cara menguatkan mental yang lemah di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...