HAL YANG MEMPENGARUHI Kesehatan reproduksi wanita - Loverlem blog

Post Top Ad

loading...

26 Desember 2012

HAL YANG MEMPENGARUHI Kesehatan reproduksi wanita

HAL YANG MEMPENGARUHI Kesehatan reproduksi wanita

- Kemungkinan besar kita mengetahui bahwa defenisi kesehatan reproduksi wanita ialah sebagai keadaaan kesejahteraan fisik, mental, sosial yang utuh dalam segala hal yang sangat berkaitan dengan sistem fungsi dan proses reproduksi. Kesehatan reproduksi wanita, terdapat 4 hal pokok yang penting didalamnya :
  • kesehatan reproduksi dan seksual
  • penentuan dalam keputusan reproduksi
  • kesetaraan pria dan wanita
  • keamanan reproduksi dan seksual
  • Penyebab Masalah Kesehatan Reproduksi Wanita

Berikut adalah penyebab-penyebab permasalahan kesehatan reproduksi wanita saat ini :

Pendidikan yang rendah
Tingginya tingkat kemiskinan juga sangat mempengaruhi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi. Semua tergantung dari tingkat kemampuan masalah biaya. Dari kebanyakan orang menilai bahwa laki-laki lebih perlu mendapatkan pendidikan daripada wanita, itu disebabkan karena faktor kemiskinan. Sehingga mereka menilai bahwa seorang wanita itu tidak perlu dengan pendidikan yang tinggi. Padahal seseorang yang memiliki pendidikan yang tinggi mempunyai daya tangkap atau mempunyai pengertian yang lebih besar terhadap semua masalah, terutama masalah kesehatan dan bisa ikut serta dalam mengambil keputusan dalam keluarga dan masyarakat. Dengan pendidikan yang memadai, wanita pun dapat mengetahui dengan bijaksana pentingnya merawat daerah kewanitaan serta menghindari banyak masalah yang berkaitan dengan hal tersebut.

Kemiskinan
Masalah ini juga bisa mengakibatkan antara lain:
makanan yang tidak cukup asupan gizinya juga bisa mempengaruhi tingkat pemikiran
persedian air bersih yang sangat kurang, kurangnya sanitasi air dan daerah pemukiman yang buruk juga bisa mempengaruhi daya pemikiran yang kurang baik
kurangnya pelayanan yang baik secara dari medis umum ataupun layanan masyarakat, bisa juga dikatakan jauh dari perhatian sehingga bisa mengakibatkan lambatnya cara berfikir.

Pernikahan Dini
Seperti yang selalu kita lihat, di era saat ini sudah terlalu banyak kita lihat banyaknya wanita yang melakukan kawin terlalu muda (dibawah usia 18 tahun). Hal ini sudah sering terjadi, faktor-faktor ini juga sangat mempengaruhi pola pemikiran. Wanita yang menikah sangat muda, berarti resiko terbesar pun bisa terjadi. Wanita muda hamil mempunyai resiko tingkat kematian dua kali lebih besar dibandingkan dengan wanita yang menikah usia diatas 20 tahun dan dapat merusak reproduksi wanita. Dampak lain juga, akibat mereka putus sekolah, pada akhirnya mereka selalu bergantung kepada suami dalam perekonomian keluarga dan dalam mengambil keputusan.

Kekurangan gizi dan kesehatan yang buruk
Saat ini di negara kita sangat banyak penduduk tumbuh tidak sempurna karena kurangnya gizi dalam makanan pada masa anak-anak akibat besarnya tingkat kemiskinan. Kekurangan gizi berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi wanita karena sebenarnya wanita yang sudah mengalami menstruasi akan membutuhkan gizi banyak bahkan sampai 3 kali lebih besar dari pada pria untuk menggantikan darah yang keluar. Kurangnya gizi juga bisa membahayakan perkembangan otak janin dan fisik janin. Wanita juga sangat rentan terhadap bakteri karena kebanyakan dari wanita bekerja berhubungan dengan air, misalnya mencuci, memasak, dan sebaginya. Seperti yang kita ketahui bahwa air adalah media yang sangat cepat dan sangat berbahaya dalam penularan bakteri yang bisa menimbulkan penyakit.

Beban kerja yang berat
Pada umumnya waktu wanita bekerja lebih banyak dari pada waktu kerja pria. Akibatnya wanita hanya mempunyai waktu yang sangat sedikit untuk istirahat dan bisa mengakibatkan stres, kronis dan sebagainya. Kesehatan reproduksi wanita tidak hanya dipengaruhi oleh waktu saja tetapi wanita juga harus tetap menjaga kesehatannya dengan menjalankan pola hidup yang baik.

Jadi betapa pentingnya kesehatan bagi seorang wanita terutama menjaga kesehatan reproduksi wanita. maka sejak dini kita sudah harus menjaga pola hidup sehat untuk diri, karena kesehatan wanita secara langsung sangat berpengaruh untuk kesehatan anak baik yang didalam kandungan atau anak yang telah lahir. kesehatan wanita sangat sering dilupakan. oleh sebab itu wanita selalu menghadapi masalah kesehatan khusus yang tidak dihapadi oleh seorang pria berkaitan dengan fungsi reproduksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

loading...